9 Cara Membuat Video Klip Musik Keren di HP, Gampang Dipraktekin Pemula

9 Cara Membuat Video Klip Musik Keren di HP, Gampang Dipraktekin Pemula

9 Cara Membuat Video Klip Musik Keren di HP, Gampang Dipraktekin Pemula

Zaman digital kayak sekarang ini, video jadi salah satu media yang banyak digunakan, mulai dari menyampaikan informasi bahkan sampai urusan hobi. Apalagi semenjak adanya platform seperti Youtube yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa biaya. Kita bisa lihat video-video klip musik, berita, daily vlog, dan lainnya.

Kamu pernah kepikiran kenapa orang lain bisa bikin video klip musik keren? Bahkan sekarang orang-orang bisa membuatnya cuma modal smartphone.

sekarang ada 9 cara membuat video klip musik keren di hp.Iya benar cuma modal hp, ada tipsnya loh kenapa hasilnya bisa sekeren itu. Kalau kamu  buat video klip  dengan bantuan jasa pembuat video klip tentunya lebih memudahkan namun apabila mau mencoba  dari hp bisa banget, yuk  simak saja info tips dibawah ini.

1.  Membuat Konsep Adalah Awal dari Tips 9 cara membuat video klip musik keren di hp

Konsep adalah ide dasar yang sangat penting dipikirkan matang-matang. Kamu bisa memulai dari memikirkan tema video klip musik yang akan kamu buat. Setelah itu pikirkan akan dibuat seperti apa videonya. Sebagai contoh, misalnya kamu ingin membuat video klip musik dengan tema colorful. Mulailah memikirkan objek yang akan ada di video dengan warna-warna yang cerah

2. Mengembangkan Ide

Kalau kamu sudah mempunyai konsep yang matang, selanjutnya kamu bisa mulai mengembangkan ide-ide. Jangan batasi ide yang kamu punya, buatlah se-imajinatif mungkin supaya hasil video klip pun bagus. Misalnya dengan konsep yang colorful tadi, kamu bisa tambahkan ide-ide seperti nantinya ada perempuan mengenakan baju dengan warna cerah, di sekitarnya terdapat bunga-bunga dan pelangi.

3. Menentukan Lokasi Syuting

Di sini kamu perlu memastikan tempat pengambilan video klip nantinya yang sesuai dengan tema yang sudah kamu tentukan. Kamu bisa memilih indoor atau outdoor untuk lokasi syutingnya. Kalau kamu memilih ruangan tertutup seperti di kamar berarti kamu memilih lokasi syuting indoor, sedangkan kalau kamu memilih ruangan terbuka seperti di taman berarti kamu memilih lokasi syuting outdoor. Namun biasanya untuk tempat terbuka ada yang memerlukan izin terlebih dahulu, kamu juga harus mempertimbangkan jika adanya bahaya di lokasi tersebut

4. Storyboard

Jika kamu asing dengan istilah storyboard, ini adalah sebuah sketsa untuk memudahkan kamu mengeksekusi ide. Di dalam sketsa ini terdapat gambar-gambar per-scene untuk mengarahkan kamu saat pengambilan video. Apakah mengharuskan kamu bisa gambar? Tentu saja iya, namun kamu tidak perlu menggambar yang terlalu bagus. Selagi kamu paham dengan konsepnya, story board atau papan cerita ini bisa menjadi arahan kamu.

Selain itu, di dalam papan cerita ini kamu bisa memasukkan hal detail lainnya seperti durasi dan angle kamera. Supaya kamu lebih paham, angle kamera atau penempatan sudut kamera ini bermacam-macam dan fungsinya pun berbeda-beda. Contohnya:

a. Bird Eye

Biasa dikenal dengan angle mata burung, dimana penempatan sudut kamera berada di atas objek. Fungsi dari posisi ini untuk memperlihatkan suasana di sekitar dengan detail dan menjadikannya terlihat lebih luas.

b. Normal Angle

Posisi kamera terlihat sejajar dengan objek. Di posisi ini pun kamera tidak miring ke atas maupun ke bawah. Fungsinya untuk memperlihatkan proporsi seimbang dari objek.

c. Low Angle

Pada posisi ini kamera berada di bawah objek. Fungsinya adalah memberi kesan pada objek bahwa ia powerful, kokoh, dan besar.

5. Mencari Aktor

Selanjutnya kamu harus menentukan siapa aktor/aktris yang akan ada di dalam video klip kamu. Jangan asal menentukan! Kamu harus cari aktor yang karakteristiknya sesuai dengan tema video yang sudah kamu tentukan. Pilihlah karakteristik yang sesuai, mulai dari jenis kelamin (perempuan atau laki-laki), umur, penampilan, dll. Namun kamu juga bisa menjadi aktor pada video klip kamu. Kamu bisa merekam diri sendiri menggunakan bantuan tripod untuk mendapatkan hasil video yang baik.

6. Memulai Syuting

Saatnya mulai proses syuting. Pastikan setting cahaya sudah tepat supaya seluruh objek yang nanti akan masuk ke dalam video dapat terlihat dengan jelas. Jangan lupa untuk memperhatikan lagi storyboard yang sudah kamu buat supaya tiap adegan di dalam video klip terarah dengan baik.

7. Melakukan Proses Editing

Setelah selesai dengan semua proses rekaman video klip, saatnya kamu masuk ke tahapan editing. Kenapa video yang sudah kamu rekam harus diedit? Jawabannya untuk membuat video tersebut jadi lebih bagus dan terlihat lebih profesional dan kreatif.

Kamu bisa download aplikasi edit video yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada banyak sekali, contohnya seperti aplikasi KineMaster, Viva Video, FilmoraGo, dan juga CapCut yang sedang trend saat ini.

Di proses editing ini kamu bisa memotong atau menambahkan video, memberi tambahan teks, dan juga memberi efek-efek lainnya sesuai keinginan. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan warna pada video.

8. Menggabungkan Audio atau Lagu Ke dalam Video

Proses yang satu ini tidak kalah pentingnya. Pada video klip, harus harus benar-benar memperhatikan antara audio dan gerak mulut aktor. Jangan sampai audio terlalu cepat atau terlalu lambat supaya hasilnya pun bagus. Sehabis itu tambahkan musik yang sesuai dengan tema video kamu. Kamu bisa memakai musik atau beats gratis yang bisa didownload di internet, tapi pastikan tidak copyright ya atau memakai karya orang lain yang ada hak ciptanya.

9. Mulai Publish Video Klip Musik

Sudah jadi hasil video klip yang kamu buat, saatnya posting ke internet supaya orang lain bisa melihat hasil karya kamu. Kamu bisa unggah ke Youtube atau sosial media lainnya yang mendukung video. Jangan lupa untuk mencantumkan credit jika ada suatu karya orang lain yang kamu gunakan di dalam video guna menghindari copyright, baik itu musik, tambahan video, dan hal lainnya.

Bagaimana? mudah kan tipsnya untuk kamu coba?

Kalau kamu memang ingin membuat video klip tapi tidak mau ribet dengan 9 cara di atas, kamu bisa banget menggunakan jasa videografi. Kamu bisa mulai mencari di sekitar kamu yang menawarkan jasa serupa atau mencarinya via internet. Namun perhatikan juga website si penyedia jasa dan portofolionya supaya hasil video kamu memuaskan.

Contohnya seperti RMD production, Jasa edit video di Sidoarjo ini menawarkan jasa perekaman hingga edit video. Kamu sebagai klien bisa mendiskusikan bagaimana nantinya video klip sesuai dengan keinginan yang kamu mau.

Selain itu, RMD production juga menawarkan jasa aerial video atau pengambilan video udara. Tentunya kalau kamu punya konsep video klip dengan salah satu adegan yang memakai angle bird eye, aerial video cocok dipilih.

Sangat mudah kan membuat video klip di era digital seperti sekarang? Kamu bisa membuatnya sendiri melalui hp kamu, atau menyewa layanan jasa videografi video klip kalau kamu tidak mau repot. Semuanya harus kamu pertimbangkan dengan matang ya, mulai dari konsep sampai posting video.