Cara Membuat Video Klip Musik Slow Motion Keren, Bisa Buat di TikTok

Cara Membuat Video Klip Musik Slow Motion Keren, Bisa Buat di TikTok

 

Kamu pasti sudah sering lihat video-video slow motion yang sering bertebaran di Youtube ataupun TikTok. Benar sekali, video dengan teknik tersebut sedang hype di jaman sekarang. Selain untuk terlihat cinematic, video menggunakan teknik slow motion juga memberi kesan dramatis. Sekarang pun sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video menggunakan teknik tersebut. Meskipun terlihat mudah dicoba, tapi ternyata ada teknik yang perlu diperhatikan sebelum membuat slow motion, terlebih jika kamu mau menggunakan teknik itu ke dalam video klip musik kamu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu pahami sebelum membuat video klip musik slow motion yang keren.

Pastikan Kamera Tidak Goyang Saat Merekam

Tentunya untuk merekam kamu bisa menggunakan action camera, DSLR, atau bahkan kamera HP. Pastikan kamera yang kamu gunakan mendukung rekamanan High Definition atau HD supaya hasil video klip nantinya jernih.

 

Selain itu, pastikan saat melakukan rekaman kamera kamu stabil, tidak ada goyangan apapun yang bisa membuat video kamu kurang maksimal. Kamu bisa menggunakan tripod sebagai alat tambahan untuk membuat posisi kamera tetap stabil.

Perhatikan Background

Jangan sampai pada saat melihat hasil video kamu banyak sekali objek yang bergerak di latar belakang. Karena itulah kamu harus memilih background yang bukan di tempat keramaian. Hal ini untuk menghindari adanya gerakan lain selain gerakan dari objek utama.

Pencahayaan Yang Pas

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah setting pencahayaan. Kamu bisa mengandalkan sinar matahari untuk mendapatkan pencahayaan yang natural. Namun tentunya ketika kamu ingin merekam di malam hari perlu menggunakan lampu yang mendukung. Contohnya kamu bisa menggunakan lampu LED dan juga bantuan alumunium foil sebagai reflektor cahaya.

 

Angle Kamera

Selanjutnya perhatikan posisi kamera. Hal ini membantu memberikan nuansa lebih pada video klip musik kamu nantinya. Angle kamera yang biasa digunakan seperti bird eye level, low angle, dan eye level. Kamu bisa menentukan sesuai yang kamu inginkan.

 

Setelah memahami 4 tips di atas, kamu sudah bisa melanjutkannya ke tahap pembuatan video klip slow motion. Di sini akan diajarkan bagaimana caranya mengedit video menggunakan teknik tersebut. Namun kamu perlu tahu dulu apa saja aplikasi yang bisa membantu kamu mengedit video slow motion ini khususnya dari HP kamu sendiri.

1. FilmoraGo

 

Aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis ini sangat membantu untuk mengedit video klip slow motion. Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan supaya hasil video lebih maksimal.

2. VivaVideo

 

Nah, di aplikasi VivaVideo terdapat fitur yang tidak kalah lengkapnya dengan FilmoraGo. Bahan ada tambahan seperti stiker yang cocok kamu masukan ke dalam video klip.

3. Slow Motion Video FX

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang terbaik untuk membuat video slow motion. Di sini kamu bisa memilih apakah ingin langsung merekam atau menggunakan video yang sudah kamu simpan di galeri HP.

 

Kamu hanya perlu menggeser titik yang disediakan untuk memberikan efek lambat pada video. Karena tidak terlalu banyak fitur yang tersedia, aplikasi ini terbilang ringan. Jadi kamu bisa dengan mudah menggunakannya.

4. Fast & Slow Motion Video

Aplikasi editing video lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Fast & Slow Motion Video. Aplikasi ini mudah digunakan apalagi untuk kamu yang baru mencoba slow motion. Sayangnya di sini tidak memiliki fitur rekam langsung, jadi mengharuskan kamu menyiapkan videonya terlebih dahulu di galeri HP.

5. AndroVid

Dengan aplikasi edit video ini, kamu bisa mengatur kecepatan video yang diinginkan hingga menghasilkan slow motion. Selain itu, ada efek dan filter yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik video klip.

 

Yang unik dari AndroVid adalah bisa digunakan sebagai converter. Jadi ketika kamu ingin mengubah format video kamu menjadi format lain bisa menggunakan aplikasi ini.

6. TikTok

 

Kalau yang ini sih sudah pasti kamu tahu ya. Selain menjadi platform untuk posting video-video pendek keren, TikTok juga bisa kamu gunakan untuk mengedit video klip slow motion.

 

Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu coba seperti efek, stiker, teks, menambah audio, bahkan juga disediakan pilihan musik yang tinggal kamu gunakan saja. Namun sayangnya, karena terlalu banyak fitur membuat aplikasi ini cukup berat saat dijalankan.

 

Kalau kamu penasaran dan ingin membuat video klip slow motion di aplikasi TikTok, yuk simak langkahnya biar kamu bisa langsung coba.

Kamu tetap harus memperhatikan 4 tips di atas ya supaya hasil videonya keren. Nah, langkah-langkah selanjutnya adalah:

 

  1. Download aplikasi Tiktok, kalau sudah terpasang langsung saja buka aplikasinya.
  2. Di halaman utama atau beranda, langsung saja pilih tanda ‘+’ yang letaknya di bagian tengah bawah layar aplikasi. Tanda ini untuk memulai membuat video.
  3. Setelahnya, tekan tombol merah untuk mulai merekam video. Sebelum merekam kamu bisa memilih efek dan filter yang tersedia. Namun kalau kamu sudah memiliki video yang tersimpan di galeri, langsung saja pilih filenya.
  4. Kemudian tekan menu Speed atau ikon yang mirip dengan pengatur waktu. Di tahap ini kamu akan menentukan seberapa lambatnya durasi video yang kamu mau agar hasilnya menjadi slow motion. Durasi yang disediakan dari 0,5x sampai 0,3x.
  5. Jika sudah sesuai, pilih tombol Save atau centang berwarna merah yang ada di sisi kanan bawah layar. Lalu tekan tombol Next untuk masuk ke tahap selanjutnya.
  6. Selanjutnya kamu bisa memberikan caption, hastag, dan juga memposting video klip slow motion yang sudah dibuat. Namun kalau kamu tidak ingin video itu terposting, pilih menu Draft untuk menyimpan video tersebut di aplikasi Tiktok.

 

Sebenarnya kalau kamu tidak mau ribet dengan langkah-langkah di atas, ada cara lain untuk menghasilkan sebuat video klip slow motion yang unik. Yup, tentunya kamu harus menggunakan jasa edit video.

 

Di era sekarang sudah banyak penyedia jasa edit video yang mengerjakan video klip dengan teknik tersebut, salah satunya Ririsaci studio. Hal ini pun cocok untuk kamu yang ingin membuat video klip untuk kepentingan komersial. Kamu hanya tinggal info bagaimana konsep video yang kamu inginkan, mereka tentunya akan mengerjakan dengan maksimal.

 

Jangan khawatir dengan hasil video klipnya nanti karena akan dikerjakan oleh orang yang profesional di bidang editing video. Selain itu, alat-alat yang digunakan juga lebih profesional. Seperti kamera yang beresolusi tinggi, software editing video yang lebih baik. Selain itu, jika kamu sulit menentukan konsep videonya akan seperti apa, kamu bisa mulai dari melihat portofolio yang sudah pernah dikerjakan Ririsaci studio.

 

Jadi mana yang akan kamu coba terlebih dahulu?