Persiapan Membangun Bisnis Jasa Pembuatan Video Youtube

Persiapan Membangun Bisnis Jasa Pembuatan Video Youtube

Dewasa ini perkembangan internet sangatlah pesat. Hampir semua kegiatan dilakukan melalui internet baik bekerja, sekolah, berjualan, dan lain sebagainya. Banyak prang yang mendapatkan penghasilan dengan menggunakan platform internet. Misalnya selebgram dengan menjual konten di akun mereka sendiri, investasi melalui aplikasi di internet, membuat konten video di Youtube, dan lain sebagainya.

Menariknya dengan perkembangan dunia digital ini lama kelamaan juga memicu perkembangan industri-industri online yang dulunya kurang mendapatkan porsi di masyarakat. Misalnya saja seorang konten kreator, pembuat video dan editing, desainer grafis, fotografer, dan beberapa pekerjaan seni lainnya.

Dulu, profesi tersebut seringkali menjadi profesi freelance untuk dapat menghasilkan tambahan uang bagi para pelakunya. Berbeda dengan saat ini bahkan profesi tersebut sudah menjadi profesi yang diinginkan bahkan bergaji cukup besar.

Persiapan Membangun Jasa Pembuatan Video Youtube

Ada banyak hal yang harus kau persiapkan jika ingin membuat jasa pembuatan video Youtube. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu dimana posisimu berada. Apakah kamu seorang konten creator? Apakah kamu bisa menggunakan aplikasi? Apakah kamu seorang yang belum tahu apapun tentang bisnis ini tetapi tertarik? Apakah kamu orang yang belajar otodidak tentang bisnis ini? Semua pertanyaan tersebut harus kamu jawab sehingga kamu dapat mengklasifikasikan dirimu berada di posisi yang mana.

Mengapa hal tersebut penting? Penjelasannya seperti ini. Jika kamu memang seorang yang memiliki pengetahuan di bidang video seperti menggunakan aplikasi, ataukah kamu seorang desainer grafis, maka kamu dapat memposisikan dirimu untuk memberikan kekuatan di bidang tersebut.

Berbeda dengan apabila kamu merupakan seorang marketing yang pandai menjual produk, dan kamu melihat peluang untuk penjualan bisnis jasa pembuatan video. Kamu bisa merekrut orang yang ahli dalam menggunakan aplikasi, pengambilan gambar, dan kamu bisa memasarkan produk tersebut. Setelah mengetahui dimana letak kelebihanmu, maka kamu mulai bisa mengembangkan bisnis jasa pembuatan video dengan memperhitungkan langkah-langkah selanjutnya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar dapat membangun jasa pembuatan video Youtube yang baik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendiskusikan konsep kantor yang diinginkan

Kantor dalam hal ini bukanlah suatu tempat yang harus formal ada karyawan dan pemiliknya. Akan tetapi kamu dapat mulai memikirkan konsep kantor yang menyenangkan karena yang kamu lakukan adalah industry di bidang kreatif. Bahkan jika kamu ingin membuat kantor yang bekerja di rumah (WFH) juga memungkinkan karena pekerjaan kreatif membaut video sebenarnya dapat dilakukan dimana saja asal alat dan skill yang digunakan dapat terpenuhi.

Kamu bisa membuat konsep kantor yang menerima jasa desain 2 dimensi selain daripada pembuatan video. Jika kamu hanya ingin menerima jasa membuat video saja pun juga sah-sah saja. Semua konsep ini tergantung kepada kamu yang ingin mengembangkan bisnis.

  1. Membentuk sebuah tim yang solid

Tidak mungkin kan kau bekerja sendiri di dalam membuat bisnis. Termasuk juga jasa pembuatan video Youtube. Kamu perlu mengajak beberapa orang yang kompeten di bidangnya masing-masing. Misalnya ada yang bertugas sebagai marketing untuk mencari klien dan proyek-proyek yang nanti ditangani.

Ada juga bidang keuangan yang bertugas mengatur cash flow yang masuk seperti fee proyek hingga pembayaran fee pekerja. Kamu juga butuh mencari para pekerja kreatif yang bisa menggunakan kamera untuk keperluan foto maupun video. Tim editing juga tidak kalah penting karena mereka yang akan memproses video tersebut menjadi suatu produk jadi yang diiinginkan klien.

Selain beberapa orang-orang yang ahli tersebut diatas kamu juga bisa mencari keahlian yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan proyek. Membuat tim yang solid sangat penting karena akan menentukan hasil kerja kamu selanjutnya. Carilah orang-orang yang memiliki visi yang sama dan juga komitmen terhadap apa yang telah kalian sepakati.

  1. Memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi

Hampir semua pekerjaan sepetinya membutuhkan daya kreatif dan imajinasi yang tinggi. Apalagi di dalam pekerjaan kreatif seperti membuat video. Kelihatannya kedua kata yaitu imajinasi dan kreativitas adalah kata yang sama. Akan tetapi sebenarnya memiliki makna yang hampir mirip meski keduanya berbeda. Imajinasi lebih kepada daya khayal yang kamu miliki. Jika kamu membuat video pendidikan tentu kamu harus dapat membayangkan seperti apa jadinya hal tersebut nanti. Misalnya membayangkan elemen grafis dan komponen yang masuk di dalamnya.

Sedangkan kreativitas lebih kepada mengolah daya imajinasi tadi menjadi sebuah hasil yang jadi. Hal ini lebih kepada skill yang kamu miliki. Jika di dalam otak kamu bisa mengkhayalkannya maka dalam kreativitas kamu harus dapat menuangkannya menjadi sebuah produk yang bisa dilihat, diraba, atau disentuh. Hal ini sudah menjadi sebuah karya yang bukan lagi merupakan sebuah imajinasi semata.

  1. Memiliki skill yang tinggi

Skill tidak hanya terbatas dari segi pengolah video ya. Skill yang dimaksud disini adalah kamu bisa membuat suatu produk yang sesuai dengan kemampuan kamu. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa di dalam suatu jasa pembuatan video Youtube, diperlukan beberapa skill yang mumpuni. Yaitu marketing, grafis, keuangan, dan lain sebagainya. Kamu yang berkecimpung di masing-masing bidang tersebut harus menguasai skill yang mumpuni agar dapat membuat perusahaan atau bisnis yang dibangun bisa lebih maju.

Memang skill utama dalam suatu usaha yang menawarkan jasa atau layanan pembuatan video Youtube adalah di kameraman dan juga editing sehingga menghasilkan gambar dengan kualitas prima.

Aplikasi yang Bisa Digunakan Untuk Editing Video

Menguasai aplikasi dan fotografi menjadi salah satu komponen penting dalam jasa pembuatan video, Maka kamu juga dapat mengetahui kira-kira aplikasi apa saja yang dapat digunakan. Meskipun kamu bukan seorang video editor, ada baiknya kamu memiliki sedikit pengetahuan tentang hal ini.

Kamu bisa menggunakan aplikasi yang ada di ponsel atau menggunakan aplikasi pro di komputer untuk seorang editor video professional. Keduanya bisa digunakan tergantung kebutuhan dan kualitas yang diinginkan. Beberapa aplikasi yang sering digunakan misalnya:

  1. Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect

Kedua aplikasi ini adalah aplikasi editing video yang dikeluarkan oleh Adobe. Biasanya yang menggunakannya adalah seorang editor video professional. Selain aplikasinya yang agak rumit untuk dioperasikan, aplikasi ini juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup mumpuni. Hasilnya? Jangan ditanya lagi pasti dapat menghasilkan video dengan kualitas rendering terbaik.

  1. Kinemaster

Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan tanpa PC cukup dengan smartphone. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang baru muali mengedit video. Fiturnya cukup mudah dan tidak sulit. Selain itu juga dilengkapi dengan pengaturan multilayer, audio, menambahkan gambar, sticker, dan lain sebagainya.

  1. Movie Maker

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari Windows yang bisa kamu operasikan jika kamu menggunakan OS tersebut. Bahkan biasanya sudah terinstal di dalam laptop atau PC. Fiturnya juga mudah tidak sulit dioperasikan.