Tips Pengambilan Video Shooting Pernikahan Terbaik Buat Kamu

Tips Pengambilan Video Shooting Pernikahan Terbaik Buat Kamu

Pernikahan adalah sebuah momen spesial yang yang biasa disebut sebagai moment sekali seumur hidup. Ada banyak orang yang mempersiapkan berbagai detail acara seperti ini secara teliti, baik itu mulai dari pakaian, catering, babakan sampai jenis dan letak dekorasi bunga. Nyatanya persiapan untuk satu hari bisa memakan waktu berbulan-bulan, sama seperti sebuah pementasan panggung.

 

Dokumentasi dalam bentuk video shooting pernikahan pastilah akan membutuhkan persiapan yang sempurna khususnya dari segi alat dan pemilihan tempat. Ditambah lagi setiap resepsi pernikahan Itu pasti memiliki keunikannya sendiri serta membutuhkan pelayanan yang berbeda-beda. Di bawah ini ada beberapa tips tepat untuk video pernikahan yang baik, kreatif, serta akan bisa dikenang.

 

Buat Kamu, Ini Tips Pengambilan Video Shooting Pernikahan

 

  1. Cek dulu venue dan tema pernikahan dari jauh-jauh hari

 

Pertama yaitu lakukan survei venue dari jauh-jauh hari, dimana kamu harus pastikan juga apakah upacara dan resepsinya Itu ada di tempat yang sama atau tidak. Survei tempat ini nyatanya memang penting Karena bertujuan untuk mengetahui letak dekorasi dan blocking pengantin nantinya.

 

Bukan hanya itu saja, namun perhatikan juga mengenai adat istiadat pengantin karena hal ini pastilah sangat berpengaruh terhadap jalannya prosesi. Jangan lupa mengenai tema dan suasana acara, apakah pernikahan ini disusun sebagai ballroom wedding atau mungkin seperti garden party.

 

  1. Gunakan video camera yang ringan saja

 

Acara wedding pastilah akan mengharuskan Anda untuk mobile, baik Itu mulai dari upacara adat, acara dansa ataupun itu melempar buket bunga, penampilan dari pengisi acara, bahkan sampai momen-momen bahagia si pengantin bersama keluarga dan teman-teman.

 

Sangat penting dipertimbangkan untuk menggunakan video camera yang praktis dan ringan saja. Hal ini bertujuan supaya tidak menghambat percetakan Anda serta tidak cepat membuat tangan pegal ketika membawanya.

 

  1. Gunakan monopod bukan tripod

 

Mobilitas tinggi tentu akan membawa risiko video yang bergoyang. Itulah mengapa Anda memerlukan perkakas tambahan agar nanti gambar tetap stabil. Monopod ini adalah pilihan yang tepat karena mudah dipindah-pindah. Ada baiknya Anda tidak menggunakan tripod saat melakukan video shooting karena bukan hanya berat namun juga pasti akan repot dibawa, juga kemungkinan akan menghalangi orang berjalan.

 

  1. Tangkap emosi natural dari pasangan maupun tamu

Ekspresi haru, syukur, maupun itu bahagia pasti akan menghiasi setiap pernikahan. Disini pastikan Anda bisa mendapatkan momen ungkapan kebahagiaan itu. Nyatanya ada banyak footage yang menarik selain prosesi utamanya.

 

Disini perhatikan bagaimana keluarga kedua mempelai berinteraksi satu sama lain, atau mungkin bagaimana serunya teman-teman lama dari mempelai menjadikan acara ini sebagai reuni kecil.

Disinilah Anda merekam momen-momen spesial dengan memanfaatkan fitur Optical 20x Zoom yang nantinya akan menghasilkan gambar yang tajam dan jelas.

 

Tips Membuat Video Shooting yang Baik dan Benar Bagi Kamu Seorang Pemula

 

Dengan memiliki kamera canggih artinya ini bukan jaminan gambar akan menjadi bagus, dimana kita seharusnya tahu cara shooting yang benar. Berpikir ini tips sederhana dari kami untuk Anda yang masih pemula.

 

  1. RTFM

Dalam hal ini pelajari bagian kecepatan shutter speed, kemudian coba untuk mengambil gambar didalam maupun diluar ruangan, cobalah pelajari menu-menu yang ada dalam kamera Anda. Ini merupakan sebagian langkah awal yang Anda bisa lakukan dengan cara membaca buku panduan manualnya supaya Anda lebih mudah untuk memahami pengoprasiannya nanti.

 

  1. Persiapan

Anda harus tahu bahwa sedikit persiapan tidak sama dengan yang tidak ada persiapan sama sekali. Sangat baik untuk mempunyai pikiran yang telah ditetapkan mengenai apa yang akan Anda shooting. Juga disarankan untuk memiliki sebuah gagasan tentang bagaimana aliran video secara umum.

 

  1. Hindari Zooming In dan Out yang Berlebihan

Digital camcorder sekarang ini ada banyak diproduksi untuk kualitas terbaik zoom in dan zoom out saat dipakai. Ini merupakan hal yang baik, namun masalahnya adalah ada banyak orang yang akhirnya terbawa untuk menggunakan fitur ini tanpa harus mengetahui dulu apa titik lemahnya fitur ini.

 

Disarankan Anda gunakan fitur memperbesar dan memperkecil ini seminimal mungkin. Atau jika Anda harus menggunakannya, maka coba lakukan secara perlahan-lahan.

 

  1. Menggunakan Tripod

Di kebanyakan video buatan sendiri pasti akan terlihat goyang gambarnya, dan itu memang sangat tidak enak untuk dilihat. Jika ingin mengatasi hal seperti itu maka Anda memerlukan yang namanya Tripod sebagai penahan kamera Anda untuk bisa tidak goyang pada saat Anda melakukan pengambilan gambar.

 

  1. Letakkan Pengambilan Gambar dengan Baik

Kameramen yang buruk bisa dikatakan dia yang malas berpindah-pindah tempat. Bergeraklah, kemudian geser badan Anda lalu arahkan tembakan video yang paling bersih tanpa ada kendala apapun.

 

Carilah posisi angle shot yang baik menurut Anda dimana mempunyai beberapa gambar yang ada di berbagai sudut.  Apabila rekaman gagal, maka tembakan sudut yang lain bisa menutupi untuk itu. Namun usahakan jangan bergeser pada kamera masih bekerja atau sedang direkam.

 

  1. Normal Angle

Untuk posisi normal angle, maka kamera akan ditempatkan kira-kira setinggi mata subjek. Tentu saja normal angle ini akan sangat tergantung pada tingginya subjek yang di shooting. Apabila Anda merekam sekumpulan kecil yang bermain misalnya, maka normal angle untuk digunakan kepada orang dewasa kurang pas, dan malah disarankan kamera harus diturunkan setinggi mata anak.

 

  1. Short dan Simple

Disarankan jangan pernah men-shoot klip video lebih dari dua menit. Ini sungguh membosankan penonton. Maka disarankan kamu menggunakan banyak klip pendek dengan durasi 10 sampai 20 detik pasti akan jauh lebih efektif.

 

  1. Hindari Backlight

Selain itu jangan memaksakan diri untuk melawan cahaya. Namun hindari cahaya kuat yang ada di depan Anda, dimana Anda harus bisa membelakangi sumber cahaya, akan tetapi jika memang terpaksa maka Anda harus melawannya dengan menggunakan pencahayaan lampu atau juga bisa menggunakan reflektor, namun bagian ini diperuntukkan kepada subyek dengan jarak yang dekat.

 

  1. Pencahayaan

Dalam hal ini Anda perlu mempunyai sistem pencahayaan sendiri dengan tujuan untuk membantu kamera yang kita miliki. Tahukah Anda bahwa hal yang merusak video adalah pencahayaan yang buruk. Ada beberapa video yang baik dirusak oleh pencahayaan yang buruk. Harus diingat untuk menjaga daerah yang cukup terang Itu sangat penting bagi keberhasilan shoot nantinya.

 

  1. Check Sound

Apabila Anda adalah seorang videografer yang profesional, maka Anda harus mempunyai mikrofon yang terpasang pada camcorder Anda. Ini merupakan alat penting supaya suara menghasilkan kualitas audio yang lebih baik.

 

Kesimpulannya adalah melakukan video shooting sebenarnya tergantung pada dedikasi Anda sebagai videografer. Bahkan kebanyakan orang akan setuju jika pengalaman akan mengajarkan Anda banyak, khususnya masalah mengasah kemampuan.